Wednesday 25 November 2015

8 Cara Ter-Efektif & Cerdas Menghemat Kuota Internet Smartphone

Sobat Gudang Ilmu~, sesuai dengan judul postingan kali ini 8 Cara Cerdas Menghemat Kuota Internet Smart phone. Harga paket internet yang mahal membuat banyak orang harus cerdas memilih paket yang tepat untuk smartphone. Di samping itu juga keterbatasan paket dengan kuota maka perlu sikap yang lebih bijaksana untuk penggunaan kuota internet. 



Berikut ini adalat tips yang perlu anda lakukan untuk menghemat kuota internet anda,

1. Gunakan Browser yang Tepat

Pemilihan browser sangat penting untuk menghemat kuota internet. Karena dengan pemilihan browser otomatis juga akan mempengaruhi kecepatan saat melakukan kegiatan surfing. Beberapa aplikasi bahkan sudah menerapkan sistem hemat kuota diantaranya adalah  Opera mini dan UC Browser adalah pilihan browser yang tepat untuk media browsing karena lebih hemat kuota. Pemilihan UC browser juga ada yang UC browser mini dan bukan pastikan disesuaikan dengan kemampuan RAM yang anda miliki dan kualitas jaringan. Karena faktor jaringan juga sangat menentukan hemat kuota.

2. Ubah Setelan Streaming Video

Pilihlah resolusi terbaik untuk HP anda. Karena jika hape anda cukup dengan resolusi 144p kenapa harus memilih yang lebih. Kecuali Smart phone anda memiliki kualitas kejernihan yang mencapai 420p maka pi;lihlah 240p untuk video biasa dan jika anda ingin melihat gambar dengan lebih jelas barulah disetting ke kualitas HD.

3. Memanfaatkan Fitur Wifi

Kalau anda menggunakan WIFI maka anda tidak perlu berhemat iya kan:D . Pemakaian internet dengan bijaksana akan membuat anda tetap bisa menikmati kuota sampai batas waktu yang ditentukan.

4. Bukalah sebuah situs dengan tampilan mobile

Dengan kemajuan Smartphone pastikan setting pada browser anda selalu mengutamakan tampilan mobile. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kuota internet. Ditambah lagi dengan popup yang bertebaran jika menggunakan situs web.

5. Hindari Mendownload File yang tidak penting

Mendownload file yang tidak penting akan menguras kuota anda. Apalagi jika kuota yang sudah mepet. Banyak sekali tiba tiba terlintas untuk mendownload sesuatu yang mungkin tidak penting. Biasanya hal ini disebabkan karena aplikasi yang mengandung iklan kemudian tanpa sengaja klik atau tidak tahu itu iklan kemudian diklik dan di download. Ternyata kuota sudah berkurang banyak.

6. Hindari Streaming video atau musik

Streaming musik atau video atau bahkan radio sangat menguras kuota internet, walaupun untuk beberapa detik saja mungkin tidak akan terasa, Tetapi jika terus menerus bisa dipastikan akan sangat menguras kuota.

7. Matikan fitur autoplay atau auto detect

Fitur auto play dan auto detek seperti google maps bisa menguras kuota walaupun sedikit tetapi pastinya juga akan menguras sedikit demi sedikit. Atau bahkan jika kualitas sinyal yang buruk akan menguras baterai juga.

8. Matikan Aplikasi yang menyedot kuota yang tidak terkontrol

Aplikasi yang menyedot kuota yang tidak terkontrol seperti BBM, Whatsapp dan lain lain tetapi video yang auto download. Matikan fitur ini dan ganti dengan yang manual untuk menghemat kuota. 

Silahkan dicoba, semoga bemanfaat ;)

No comments:

Post a Comment