Wednesday 25 November 2015

Penyebab Blue Screen Pada Layar Laptop dan Cara Mengatasinya

Sobat Gudang Ilmu, Ketika anda sedang asyik memakai laptop / PC tiba tiba layar anda berwarna biru? Kemudian anda bingung, kenapa bisa laptop saya tiba - tiba berwarna biru? Mari kita cari tahu penyebabnya. Sebenarnya sangat simpel untuk mengetahui penyebab dari blue screen. anda tinggal membaca saja pada tampilan blue screen itu dan ini lebih akurat karena PC anda yang langsung memberi tahukan penyebabnya. Tapi saya juga akan memberikan beberapa hal yang menjadi penyebab paling sering yang membuat Laptop atau PC anda menjadi blue screen.


Penyebab paling sering
Keterangan IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Jika muncul keterangan seperti di atas berarti dicek lagi apakah driver sound, grafik, anda tidak cocok.

keterangan NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Berarti ada masalah pada hardisk anda. Bisa karena kabel SATA atau ATA yang sudah mulai rusak, atau juga karena sudah bad sector. Jika bad sector maka sebaiknya anda perbaiki dengan defragmentasi dan kurangi kapasitasi file pada direktori dimana windows anda di instal (biasanya C).

keterangan UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Biasanya ini menyangkut pada hardware atau perangkat pada PC atau Laptop anda. Yaitu Overclock Hardware yang berlebihan.  ­ Komponen komputer yang kepanasan (bisa pake local cooling seperti Kipas). Atau ­ BIOS yang korup ­ Memory dan CPU yang cacat.

Setelah anda mengalami hal tersebut atau blue screen langkah awal anda adalah mendiagnosa  kenapa terjadi blue screen. Dalam hal ini anda membutuhkan 1 aplikasi dan satu settingan.

Pertama. Lakukan penyetingan sesuai pada gambar tutorial ya.

Cara membuat DUMP mini
Kedua. Setelah mini dump terbuat, maka anda ketika mengalami dump atau blue screen tinggal analisa memakai aplikasi yang sudah disediakan microsoft pada alamat berikut ini.
http://www.nirsoft.net/utils/bluescreenview_setup.exe
Blue srceen view

Setelah anda tahu penyebabnya anda bisa mencari solusi untuk permasalahan komputer anda seperti pada keterangan di atas.

Semoga bermanfaat ;)

No comments:

Post a Comment